Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan

manfaat kacang almond

Manfaat Kacang Almond – Almond adalah salah satu jenis kacang yang mempunyai rasa yang enak. Selain rasanya, kacang almond kaya akan vitamin dan nutrisi. Almond mengandung banyak nutrisi, antara lain yaitu serat, lemak tak jenuh, dan beberapa jenis vitamin B, dan E. Kacang almond juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi dan zinc yang bermanfaat untuk tubuh.

Kacang almond mempunyai bentuk yang lebih besar dibanding dengan kacang tanah dan kacang yang lainnya. Kandungan yang ada dalam kacang almond bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Oleh karena itu tak jarang kita lihat banyak yang mengonsumsi kacang almond guna menjaga kesehatan dan kecantikannya.

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang dihasilkan kacang almond bagi kesehatan. Para ahli menemukan fakta bahwa banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam kacang almond yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut berbagai manfaat kacang almond bagi kesehatan:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kacang almond bermanfaat bagi penderita kolesterol untuk mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh. LDL ini berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit baik kronis ataupun non-kronis. Kacang almond dapat meningkatkan kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dalam tubuh.

HDL baik bagi kesehatan serta bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan sistem syaraf, dan banyak lagi yang lainnya. Berikut informasi tentang kacang almond yang dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh :

  • Sebuah studi mengungkapkan, konsumsi almond berguna untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) atau biasa disebut kolesterol baik dan menekan tingkat kolesterol jahat (LDL).
  • Penelitian yang dilakukan oleh asosiasi kesehatan jantung Amerika, mengungkapan bahwa konsumsi almond setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 15 persen.
  • Kadar kolesterol turun tergantung dengan jumlah banyaknya konsumsi terhadap kacang almond.
  • Mengonsumsi 7 gram almond dapat menurunkan kadar LDL sebanyak 1 persen. Mengonsumsi kelipatan 7 gram dapat menurunkan kadar LDL lebih banyak lagi.

Baik untuk menurunkan kolesterol: manfaat jeruk

2. Kacang Almond Untuk Mengontrol Kadar Gula

Walaupun kacang almond mengandung gula, namun ternyata kacang ini dapat membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Mengontrol kadar gula tentu akan menghindarkan para penderita diabetes dari berbagai komplikasi berbahaya dari diabetes itu sendiri. Berikut informasi kacang almond sebagai pengontrol diabetes:

  • Kacang almond mengandung lemak sehat, lemak tak jenuh, serat dan juga mineral yang membuat tubuh menyerap glukosa dan kemudian mengolah glukosa secara cepat.
  • Penelitian oleh Diabetes Care menunjukkan bahwa kacang almond mampu mengontrol diabetes dengan tipe 2, baik pria maupun wanita. Terlebih untuk wanita yang mengalami masa menopause.
  • Konsumsi 1 ons almond sebelum sarapan dan memakan makanan dengan porsi besar dapat mempertahankan kadar gula di dalam tubuh.

3. Membuat Jantung Sehat

Jantung merupakan organ vital manusia. Banyak sekali penyakit yang mengganggu kinerja jantung. Kalau tidak segera diobati, maka penyakit jantung ini nanti malah akan bisa menyebabkan serangan jantung koroner secara mendadak dan mematikan.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kacang almond dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung koroner.

Kandungan kacang almond seperti lemak tak jenuh, kalium, protein sangat baik untuk jantung. Vitamin E-nya yang sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Magnesium di dalam almond juga bermanfaat untuk menghindari serangan jantung dengan mengontrol oksigen dan nutrisi menyebar ke jantung dan seluruh tubuh.

Almond juga dapat mengurangi protein C-reaktif, yang menyebabkan kerusakan peradangan pembuluh darah arteri. Almond juga kaya akan asam folat, yang mampu mengurangi tingkat homocystein, yang mana menyebabkan penumpukan plak lemak pada arteri.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak adalah sistem syaraf pusat dalam tubuh manusia. Jika otak terganggu, maka sistem syaraf yang terhubung pun juga akan terganggu. Kacang almond dipercaya sebagai suplemen makanan terbaik bagi otak. Berikut manfaat kacang almond untuk otak:

  • Vitamin E yang terdapat pada kacang almond berguna untuk pencegahan penurunan kognitif dalam otak.
  • Vitamin E dapat membantu meningkatkan kewaspadaan memori otak.
  • Vitamin E bisa meningkatkan kapasitas memori di otak.
  • Almond mengandungan fenilalanin yang dapat mencegah penyakit parkinson. Penyakit parkinson disebabkan karena kerusakan syaraf di otak. Fenilalanin juga dapat membuat otak menghasilkan adrenalin dan dopamin.
  • Kacang almond kaya akan kandungan mineral, mineral ini berfungsi untuk melindungi sel-sel dan syaraf di otak dari terjadi kerusakan.
  • Kandungan vitamin B6 dalam kacang almond bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme protein. Metabolisme protein diperlukan guna memperbaiki sel-sel otak yang rusak.
  • Diperlukan segenggam penuh almond setiap harinya guna mendapat khasiat kacang almond untuk otak.

5. Mengurangi Rasa lapar

Almond rendah karbohidrat, tinggi protein dan serat. Protein dan serat dikenal untuk meningkatkan rasa kenyang. Nutrisi tersebut dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang, sehingga mereka pada akhirnya akan makan lebih sedikit kalori.

Sebuah studi selama 4 minggu dengan sebanyak 137 peserta, setiap hari disajikan 1,5 ons (43 gram) almond dan hasilnya secara signifikan mengurangi rasa lapar dan juga keinginan untuk makan.

6. Manfaat Kacang Almond Untuk Menurunkan Berat Badan

Kacang-kacangan mengandung beberapa nutrisi baik bagi tubuh. Sekitar 10-15% kalori dalam kacang tidak diserap. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa makan kacang bisa sedikit meningkatkan metabolisme.

Jika dikombinasikan dengan sifatnya yang melawan rasa lapar, masuk akal kalau Almond adalah tambahan yang bagus untuk penurunan berat badan.

Sebuah studi terhadap 100 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi almond, kehilangan berat badan dari pada mereka yang makan kacang-bebas.

Meskipun mengandung tinggi lemak, almond adalah makanan yang baik untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi almond. Cukup 1 ons setiap hari.

7. Menstabilkan Tekanan Darah

Orang yang mengonsumsi almond terlihat adanya penurunan tekanan darah sistolik, yaitu angka pada pengukuran tekanan darah, mencapai 11 persen.

8. Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar

Penelitian menunjukkan, kandungan lemak didalam kacang almond bisa mengurangi kemungkinan penyakit kanker usus besar.

9. Mencegah Kerusakan Sel

Kandungan tinggi antioksidan di dalam kacang almond berguna untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

10. Meredakan Radang Sendi

Asam lemak omega-9 pada kacang almond berkhasiat untuk meredakan radang sendi. Radang sendi merupakan penyakit sendi yang membuat sendi terasa ngilu dan nyeri.

11. Melancarkan Metabolisme

Tubuh rentan sekali terhadap berbagai macam gangguan metabolisme, diantaranya yaitu gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid ini sering sekali terganggu karena sistem metabolisme yang terganggu. Kacang almond dipercaya dapat membuat kelenjar tiroid bekerja maksimal sehingga sistem metabolisme tubuh menjadi lancar.

12. Melancarkan Pencernaan

Kacang almond bermanfaat melancarkan pencernaan. Hal ini karena almond mengandung serat yang tinggi. Serat ini berkhasiat mencegah sembelit serta melancarkan pencernaan.

13. Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu yang sedang mengandung bayi atau hamil disarankan mengonsumsi kacang almond setiap harinya. Ini karena manfaat kacang almond untuk ibu hamil sangat besar. Asam folat yang terkandung di dalam kacang almond sama dengan peran pada susu hamil. Asam folat ini bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan sel janin di dalam kandungan.

Untuk mengurangi rasa mual pada Ibu hamil baca: Manfaat Jahe

14. Mengobati Maag

Maag ternyat dapat diobati dengan mengonsumsi kacang almond. Ini dikarenakan kacang almond mengandung minyak yang tinggi. Kandungan minyak tersebutlah yang dapat menurunkan kadar asam di dalam lambung.

15. Menghasilkan Energi

Kacang almond mengandung karbohidrat sehingga dapat menghasilkan energi tubuh. Kalori pada kacang almond juga berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.

16. Menguatkan Tulang

Kacang almond mengandung fosfor dan kalsium. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk kepadatan dan kesehatan tulang. Zat magnesium, mangan dan potasium juga bermanfaat untuk menguatkan tulang.

17. Mengobati Peradangan

Tubuh rentan sekali terkena peradangan. Peradangan yang dapat diobati dengan asam lemak omega-3 kacang almond yaitu migrain dan arthritis.

Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Risiko Alergi

Meskipun manfaat kacang almond sangat banyak, perlu diperhatikan adanya kemungkinan risiko alergi. Jika telah diketahui mengalami alergi terhadap kacang almond, maka hindarilah semua jenis makanan yang mengandung kacang tersebut.

 

Referensi: https://authoritynutrition.com/9-proven-benefits-of-almonds/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here