Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

manfaat jeruk

Manfaat jeruk – Buah jeruk bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh manusia, buah kaya vitamin C ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jeruk adalah buah-buahan yang bisa dengan mudah kita temui di pasar-pasar tradisional sampai swalayan.

Buah Jeruk banyak disukai oleh masyarakat. Saat sedang sariawan, orang langsung teringat dengan jeruk, karena jeruk bisa menyembuhkan sariawan. Sebenarnya manfaat jeruk telah banyak diketahui masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat jaman dulu yang gemar sekali mengonsumsi jeruk setiap hari. Ada banyak sekali khasiat buah jeruk selain kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit sariawan.

Buah jeruk ini tidak cuma ada satu varian saja, tapi ada banyak sekali macam-macam buah jeruk seperti misal, jeruk bali, jeruk jawa, jeruk purut, dan lain-lain. Uniknya lagi, masing-masing dari jenis jeruk tersebut mempunyai rasa yang berbeda-beda.

Jeruk bisa dikonsumsi secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Tapi kalau tidak suka mengonsumsi secara langsung, maka cobalah mengolah jeruk jadi semacam jus segar sesuai dengan selera masing-masing.

Selain rasanya yang lezat saat dikonsumsi, ternyata manfaat jeruk untuk kesehatan dan juga kecantikan sangatlah besar. Jeruk mempunyai kandungan gizi sempurna dan memiliki nutrisi sehat bagi tubuh manusia.

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, sekitar kurang dari 2% orang dewasa di Amerika Serikat tidak memenuhi asupan harian kalium mereka sebanyak  4700 mg. Akibatnya mereka banyak yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Berdasarkan penelitian tadi, jeruk akan bisa menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Ini karena kandungan Hesperidin, Kalium dan Magnesium yang ada pada jeruk. Senyawa inilah yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi Anda, Jadi untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, konsumsilah buah jeruk secara rutin.

2. Mencegah Kanker

Buah jeruk bisa mencegah penyakit kanker, seperti kanker mulut, kanker kulit, kanker paru-paru,kanker payudara, dan kanker usus besar. Kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker karena kandungan D-limonene yang ada pada buah jeruk merupakan senyawa anti kanker. Selain sumber baik dari manfaat antioksidan, kandungan vitamin C jeruk juga bisa memerangi pembentukan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.

3. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi buah jeruk tiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol Anda, karena buah jeruk ini ada kandungan Pectin dan Hesperidin yang terkandung didalamnya yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Baik untuk kolesterol: Manfaat kacang Almond

4. Menurunkan resiko terkena stroke

Menurut American Heart Association, orang yang sering mengonsumsi buah jeruk dengan senyawa yang lebih tinggi secara rutin, akan mampu menurunkan risiko stroke iskemik untuk wanita sekitar 19 % lebih rendah dari pada wanita yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Peneliti tersebut menambahkan, bahwa buah jeruk mengandung berbagai macam mineral alami, mulai dari zat besi sampai kalium yang baik sekali untuk menjaga sistem peredaran darah. Apabila dikonsumsi secara rutin, khasiat jeruk untuk mencegah stroke akan sangat efektif.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, kolin, vitamin C, dan kalium yang terdapat pada buah jeruk menurut para ahli baik untuk menjaga kesehatan jantung secara optimal dari berbagai macam kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk menjaga kesehatan jantung dalam tubuh, asupan kalium sangatlah penting , terlebih kalau peningkatan kalium di ikuti juga dengan turunnya kadar natrium dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi 1 buah jeruk setiap hari, maka seseorang mendapatkan asupan kalium sebanyak 4069 mg dan memiliki resiko kematian akibat penyakit jantung 49 % lebih rendah dari pada orang yang kurang mengkonsumsi kalium (sekitar 1000 mg per hari).

6. Bermanfaat untuk sistem alkali tubuh

Alkali adalah suatu proses penyeimbangan keasaman dalam tubuh. Meskipun buah jeruk memiliki rasa asam tinggi, namun jika dikonsumsi sebenarnya tidak akan menimbulkan gangguan keseimbangan zat asam.

Badan Kesehatan Internasional (WHO) mengungkapkan bahwa jeruk mempunyai senyawa mineral alkali cukup tinggi. Senyawa itulah yang cukup bermanfaat bagi keasaman dalam tubuh.

7. Jeruk sumber karbohidrat dan kalori

Jeruk sama seperti pada semua jenis buah-buahan yang memiliki gula alami di dalamnya, namun jeruk cuma mempunyai indeks glikemik 40. Apapun karbohidrat yang dibawah indeks glikemiks 55 dianggap rendah.

Artinya, selama tidak memakan jeruk secara berlebihan dalam satu waktu, tidak akan mempengaruhi dan menyebabkan masalah insulin atau berat badan akibat gula darah dalam tubuh meningkat.

8. Jeruk menjaga mata tetap sehat

Mengonsumsi buah jeruk secara rutin dipercaya bisa mencegah degenerasi makula pada mata. Kandungan nutrisi dan tingginya vitamin serta mineral dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jadi dengan mengkunsumsi buah jeruk secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda secara alami. 

9. Menjaga fungsi otak

Buah jeruk memberikan manfaat pada otak anda karena kandungan asam folat yang berdasarkan penelitian dapat membantu perkembangan otak. Asam folat atau vitamin B9 yang ada pada setiap bulir jeruk sangatlah penting untuk menjaga perkembangan otak dan menjaga organ vital agar dalam kondisi yang optimal.

Selain itu jeruk juga mempunyai kandungan fitonutrien atau polifenol yang mampu membantu meningkatkan memori otak.

10. Mengobati sariawan

Manfaat jeruk satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai obat manjur untuk sariawan. Berdasarkan penelitian, memang betul khasiat buah jeruk untuk sariawan cukup besar.

Karena buah jeruk mengandung vitamin C dan mempunyai senyawa antibakterial yang tinggi. Walau terasa perih saat dikonsumsi, tapi kandungan antibakterial dan vitamin C tersebut yang mampu membantu menyembuhkan penyakit sariawan Anda.

11. Menjaga kesehatan ginjal

Konsumsi buah jeruk bisa menjaga kesehatan organ ginjal, terutama untuk menjaga organ ginjal dari penyakit batu ginjal. Mengonsumsi buah jeruk secara rutin penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan menghindari penyakit batu ginjal.

12. Menjaga kesehatan tulang

Jeruk mengandung berbagai macam mineral alami. Terutama kandungan mineral kalsiumnya. Kandungan kalsium dapat menjaga kesehatan tulang, membuat tulang menjadi kuat, mencegah kekeroposan tulang, dan masih banyak lagi. Tercatat sekitar 180 gram jeruk memuat 7% kebutuhan harian kalsium bagi tubuh kita. Jadi sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi buah jeruk secara rutin agar kesehatan tulang tetap terjaga.

13. Membantu pembentukan masa otot

Jeruk mengandung protein yang cukup tinggi untuk membangun sel-sel tubuh secara optimal, terutama untuk otot. Jadi untuk Anda yang ingin memiliki tubuh berotot, disarankan untuk selalu mengonsumsi jeruk secara rutin setelah selesai berolahraga. 

14. Mampu melancarkan dan merawat sistem pencernaan

Manfaat jeruk bagi sistem pencernaan cukup besar. Karena jeruk memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui, serat sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan memudahkan BAB.

15. Mencegah kram dan kesemutan

Saat sedang melakukan aktivitas berlebih, kadang otot sering mengalami kram dan kesemutan. Selain karena aktivitas berlebih, kram juga disebabkan karena kurangnya kalium dan potassium dalam tubuh.

Seperti pada manfaat pisang, jeruk juga mengandung potassium yang cukup tinggi. Potassium dan kalium dalam jeruk akan bekerja dengan optimal sehingga membantu mencegah terjadinya kram.