Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

manfaat daun kelor

Manfaat Daun Kelor – Daun Kelor (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Daunnya bulat lonjong dan mempunyai ukuran yang kecil tersusun rapi dalam satu tangkai.

Meski ukuran daunya kecil, tapi jangan salah, dibalik ukuran daunnya yang kecil itu ternyata mempunyai banyak kandungan baik yang bermanfaat dan berguna bagi kesehatan tubuh. Karena kandungan yang melimpah tersebut membuat pohon ini disebut sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Pada dasarnya, tanaman herbal ini menyimpan senyawa-senyawa baik yang menutrisi tubuh, oleh karena itu daun ini biasa dibuat sayuran atau sebagai obat.

Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai sejak 1980, mulai dari bagian daunnya, kulit batang, buah dan bijinya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menganjurkan untuk anak-anak dan bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk mengonsumsinya. Ini karena kandungan daun kelor yang besar. Perbandingan gram pada daun kelor mengandung:

  • 7 x Vitamin C pada jeruk.
  • 4 x calcium pada susu.
  • 4 x vitamin A pada wortel.
  • 3 x potasium pada pisang.
  • 2 x protein pada susu.

Karena banyaknya manfaat yang ditemukan akhirnya WHO menobatkan kelor sebagai miracle tree, yang telah berjasa sebagai penjaga kesehatan dengan harga murah selama 40 tahun di negara-negara miskin di dunia. Sumber Id.wikipedia.org

Manfaat Daun Kelor

1. Menjaga berat badan

Hal yang sangat penting yaitu menjaga agar tubuh tetap ramping dan ideal. Oleh karena itu, agar tubuh tetap ideal, cobalah untuk mengonsumsi kelor. Studi menemukan bahwa teh kelor mampu menangani masalah pencernaan. Yang mana efeknya yaitu merangsang metabolisme agar lebih optimal dalam membakar kalori dengan lebih cepat.

Baca juga artikel tentang cara mengecilkan perut.

Selain itu, teh daun kelor juga mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan ini untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kesehatan kulit pun juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi teh ini secara teratur.

Mengobati rematik

Daun kelor bisa di manfaatkan untuk mengobati penyakit rematik. Karena daun ini dapat mengurangi rasa sakit pada sendi dan penumpukan asam urat di sendi. Selain rematik daun kelor ini bisa untuk mengatasi nyeri, pegal linu, dll.

Menyehatkan mata

Menurut Tati Winarto, pakar herbal dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, mengatakan bahwa daun kelor memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat, salah satunya yaitu vitamin A dan kalsium. Kandungan vitamin A pada kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mulai dari mengurangi resiko mata minus atau plus, silinder dan katarak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here