Cara Sharing Printer di Windows 7/8/10 Lengkap

cara sharing printer

Kita pasti pernah mendengar yang namanya sharing printer? Sharing printer adalah cara untuk mengintegrasikan satu printer dengan beberapa PC dalam 1 jaringan. Dengan sharing printer, maka Anda dapat menghemat banyak sekali pengeluaran karena tak perlu menyediakan 1 printer untuk tiap-tiap komputer yang ada serta akan menghemat waktu Anda karena tidak perlu lagi kesana-kemari untuk mencetak dokumen.

Anda bisa melalukan sharing printer via LAN ataupun Wifi. Yang harus Anda amati ialah setiap PC harus terhubung dengan baik pada PC yang terhubung dengan printer.

Cara sharing printer berikut ini bisa Anda lakukan di beberapa OS seperti windows 7, 8 dan 10. Ini karena langkah-langkahnya tak jauh beda antar satu sama lain.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara sharing printer dengan komputer lain. Berikut ini penjelasannya.

Baca juga artikel lainnya: Cara Download Video Youtube

Cara Sharing Printer

1. Untuk bisa melakukan sharing printer, tentu kita terlebih dahulu haruslah mengaktifkan File and printer sharing, Yaitu dengan cara membuka Control Panel terlebih dahulu, lalu pilih Network and Internet.

2. Setelah Network and Internet terbuka, Anda pilih Network and Sharing Center.

3. Kemudian Anda klik Change advanced sharing settings.

4. Untuk sharing file atau printer, klik tulisan Turn on file and printer sharing. Dengan Anda mengaktifkan fitur tersebut, maka pengguna yang lain bisa mengakses file atau printer yang sudah Anda sharing.

5. Langkah yang kelima ini hanya opsional, bisa dilakukan maupun tidak. Jadi misalkan PC Anda melakukan sharing printer, dan PC Anda ini juga Anda beri password login. Maka siapa saja yang ingin mengakses printer yang sudah disharing oleh PC Anda wajib memasukkan password Anda terlebih dahulu. Kalau Anda ingin menonaktifkan fitur yang satu ini, silakan pilih All Networks.

6. Kemudian pilihlah Turn off password protected sharing. Dengan cara ini, maka setiap komputer atau PC yang hendak mengakses printer yang sudah dibagikan oleh PC Anda tidak perlu lagi untuk memasukkan password.

7. Setelah sudah mengaktifkan File and printer sharing, maka sekarang Anda dapat melakukan sharing printer. Selanjutnya Anda buka Control Panel kemudian pada kategori Hardware and Sound, klik View Devices and Printers.

8. Setelah itu, klik kanan di salah satu printer yang akan disharing dan kemudian pilih See what’s printing. Disini saya akan menggunakan printer dengan tipe Canon iP2700 Series.

9. Klik menu Printer > Sharing.

10. Dijendela Properties, bukalah tab Sharing kemudian tekan tombol Change Sharing Options supaya fitur sharingnya aktif.

11. Centang tulisan Share this printer kemudian masukkan nama printer yang akan Anda sharing. Usahakan namanya singkat namun jelas seperti misal Canon iP2700 series atau Canon iP3800. Lalu klik OK.

Sekarang printer Anda telah dapat disharing dan bisa digunakan pada komputer lain yang telah terhubung pada satu jaringan. Berikut adalah cara untuk mengakses printer yang telah disharing tersebut di komputer lain.

1. Anda dapat mengakses printer tersebut lewat Windows Explorer. Ketikkan IP address di PC yang melakukan sharing di address bar yang mana IP address Anda sesuaikan dengan jaringannya masing-masing. Contoh format penulisannya : 128.169.64.1.

2. Nah, lalu akan tampil apa saja yang telah disharing oleh PC tersebut yang mana salah satunya yaitu printer tersebut. Lakukan Klik kanan pada printer lalu pilih Connect. Tunggulah sampai proses Connecting selesai.

3. Saat ini, Anda sudah dapat mencetak dokumen dengan memakai printer yang sudah di-sharing tersebut. Jangan lupa, saat akan mencetak dokumen, pilih nama printer tadi. Anda bisa mengenali printer tersebut dengan cara melihat IP address yang ada disampingnya.

Demikian penjelasan kali ini tentang cara sharing printer. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here