Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Ampuh

cara mengecilkan perut

Cara mengecilkan perut buncit – Siapa sih yang mau punya perut buncit? Membuat orang jadi nggak pede, rasanya gak keren karena bentuk tubuh tampak kurang bagus. Makanya ada banyak sekali orang yang mati-matian berusaha melakukan segala upaya demi untuk bisa mengecilkan perutnya.

Setiap orang pasti ingin mempunyai bentuk tubuh yang ideal, tidak gemuk dan tak terlalu kurus. Namun, di Indonesia sendiri masih banyak  yang memiliki perut buncit. Perut buncit itu sendiri tak cuma dialami oleh mereka yang mempunyai masalah obesitas, tetapi mereka yang bertubuh ideal pun bisa saja terkena masalah perut buncit.

Walaupun ini bukan masalah kesehatan yang serius, namun adanya perut buncit tentu akan membuat penampilan jadi terlihat kurang menarik. Tidak hanya itu, jika dibiarkan perut buncit bisa memicu masalah kesehatan yang jauh lebih serius. Ini karena lemak pada perut bisa memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau biasa disebut dengan angiotensin yang mana bisa menyebabkan stroke, darah tinggi dan serangan jantung.

Perut buncit biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti pola makan yang buruk, tidak bisa mengontrol rasa lapar, kurang olahraga, dan lain-lain. Area perut merupakan tempat lemak banyak tertimbun karena otot-otot di bagian tersebut sangat jarang dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori di area tersebut sangat minimal.

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

1. Makan lebih sering.

Cara terbaik untuk bisa mengurangi berat badan yaitu dengan menahan lapar, dan cara paling mudah untuk menahan lapar adalah dengan cara makan lebih sering. Seinglah makan namun dengan porsi yang kecil, dan Anda akan mulai menyadari bahwa Anda makan lebih sedikit. Porsi yang kecil juga dapat memudahkan Anda memakan makanan yang sehat.

2. Kurangi makanan dan minuman manis.

Makanan manis tidak selalu baik. Selain dapat memicu diabetes, makanan manis juga dapat meningkatkan berat badan Anda. Ini tentunya akan bisa menjadi mimpi buruk untuk Anda yang ingin sekali mempunyai tubuh ramping.

Banyak sekali makanan manis tinggi kalori yang harus bisa Anda hindari. Mulai dari minuman bersoda, sirup manis, kue, dan lainnya. Untuk mengakalinya, Anda bisa memakai pemanis alami yang berasal dari madu yang punya banyak sekali manfaat kesehatan.

3. Kurangi porsi makan

Hampir sebanyak 50% lebih pemilik perut buncit mengaku suka sekali nambah makan. Apakah Anda juga salah satunya? Nah kalau Anda ingin mempunyai perut langsing sebaiknya mulai sekarang Anda mengurangi jatah makan Anda.

4. Kurangilah konsumsi lemak tak sehat.

Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Lemak tersebut adalah lemak yang tak sehat dan dapat menaikkan berat badan Anda.

5. Memilih makanan yang baik.

Makanlah makanan yang kaya nutrisi karena makanan tersebut akan membantu Anda merasa lebih kenyang, dan memberi tubuh Anda zat-zat yang diperlukan agar tubuh tetap sehat dan kuat. Contoh makanan sehat termasuk brokoli, salmon, quinoa, polong-polongan, minyak zaitun, telur, kubis, dan edamame.

6. Minum teh atau kopi antara jam makan.

Sering sekali, kita makan bukan karena lapar, namun karena bosan dan ingin makan saja. Biasakan untuk selalu bisa menganalisa rasa lapar Anda. Jika belum lapar, maka belum saatnya makan, minumlah teh atau kopi dengan tanpa susu atau gula.

7. Minum air putih

Minum air putih adalah salah satu cara mengecilkan perut. Sebuah studi jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme menunjukkan bahwa setiap orang, metabolismenya meningkat sebesar 30% setelah minum air putih sekitar 17 ons. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa dengan meningkatkan volume cairan di dalam tubuh bisa membantu memecah lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

8. Memperbanyak konsumsi protein

Protein adalah nutrisi penting untuk membantu mengecilkan perut buncit. Makanan dengan tinggi protein akan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan porsi makan Anda yang selanjutnya jadi lebih sedikit. Selain itu, protein juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Makanan tinggi protein yang bisa Anda konsumsi contohnya daging, telur, dan ikan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan saat akan memakan daging, pilihlah daging bagian dalam yang mengandung sedikit lemak.

Selain itu, mengkonsumsi produk kacang-kacangan dan susu rendah lemak dapat memberikan Anda rasa kenyang yang jauh lebih cepat.

9. Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang rendah lemak dan tinggi serat. Kandungan serat ini akan dapat membantu mengikat air sehingga pencernaan berlangsung dengan baik sekaligus dapat meluruhkan lemak. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 14 gram serat setiap hari dapat menurunkan kalori sebesar 10%, menurunkan berat badan 2 kg dalam waktu 4 bulan, dan mengurangi 4% lemak di bagian perut.

10. Tidak makan menjelang jam tidur

Untuk cara mengecilkan perut, sebaiknya Anda tidak makan saat akan tidur. Hal ini karena waktu pencernaan makanan di dalam lambung adalah 2 jam yang kemudian diproses pada saluran pencernaan berikutnya.

Tidak adanya aktivitas saat menjelang jam tidur justru akan membuat asupan kalori tidak diubah menjadi energi, tapi hanya ditimbun menjadi lemak. Namun kalau memang anda merasa lapar, maka konsumsilah sayur atau buah yang memiliki kandungan kalori dan gula yang rendah.

11. Makan makanan berserat

Makanan berserat adalah makanan yang mudah untuk dicerna. Meski demikian tidak semua serat dapat membantu mengecilkan perut. Serat yang paling bermanfaat adalah jenis serat kental (viscous fiber).

Serat jenis ini mudah sekali dalam menyerap air dalam tubuh anda dan melancarkan pencernaan anda. Kandungan serat ini akan memperlambat proses lewatnya makanan di dalam saluran pencernaan Anda dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari makanan tersebut, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama dan akhirnya akan mengurangi porsi makanan anda.

Serat banyak terdapat pada buah, sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Jadi, mulai sekarang konsumsilah buah dan sayur secara rutin untuk membantu Anda dalam mengecilkan perut yang buncit.

Pilihan Makanan Untuk Mengecilkan Perut

12. Semangka untuk mengurangi lemak

Asosiasi Diet di Amerika mengatakan bahwa semangka adalah buah yang baik untuk mengurangi lemak di perut. Semangka ini berisi 91% air dan jika anda makan semangka sebelum makan besar, maka air tersebut akan menambahkan sejumlah kalori dalam makanan.

Buah berair ini kaya akan vitamin B1, B6 dan C, kalium dan magnesium. Studi yang dilakukan di University of Kentucky, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa minum sebanyak 2 gelas jus semangka tiap hari selama sekitar 8 minggu bermanfaat untuk mengurangi berat badan (terutama lemak diarea perut) tanpa mengubah massa otot.

13. Lemak tak jenuh dari kacang Almond

Kacang Almond mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh ini berguna untuk membantu mencegah anda dari makan yang berlebihan. Studi di American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa mengonsumsi almond dapat menekan rasa lapar. Selain itu manfaat kacang almond untuk penderita jantung juga sangat bagus.

Kacang Almond memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi yang mana merupakan suatu komponen penting dalam membangun otot. Otot yang kuat dapat membantu membakar banyak lemak dalam perut. Selain itu, kandungan tinggi serat pada almond akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sediakan selalu kacang almond dalam bentuk makanan atau cemilan tiap hari.

Baik untuk menurunkan berat badan:

Cara Mengecilkan Perut Dengan Olahraga

Olahraga adalah salah satu langkah yang sangat penting untuk mengecilkan perut buncit. Dengan Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur, asupan kalori dalam tubuh akan mempercepat metabolisme dan kalori tersebut akan diubah menjadi energi sehingga tidak tertimbun jadi lemak.

Setiap orang disarankan melakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan durasi tiap olahraga minimal 30 menit. Berikut ini adalah olahraga atau latihan yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit:

14. Latihan Aerobik

Latihan Aerobik merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan karena dapat membakar kalori secara konsisten. Berbeda dengan olahraga lain yang cepat menguras tenaga seperti lari jarak pendek, latihan aerobik justru mempertahankan unsur-unsur penting yang baik yaitu berkesinambungan, ritme dengan intensitas yang teratur berupa gerakan pemanasan dan pendinginan. Hal itulah yang membuat tubuh tidak mudah lelah dan efektif dalam membakar kalori.

15. Berenang

Renang adalah olahraga yang baik untuk mengecilkan perut buncit tanpa memberi beban pada titik tertentu tubuh. Berenang dapat membantu seseorang yang ingin berolahraga dengan nyaman tanpa perlu membebani kaki yang menopang tubuh. Prinsip olahraga renang tidak jauh berbeda dengan aerobik, yang mana kebutuhan oksigen dan pembakaran kalori terjadi secara ringan dan bertahap.

Demikianlah cara mengecilkan perut buncit secara alami, selamat mencoba tips diatas dan semoga berhasil.