Cara Memutihkan Wajah Dengan Cepat dan Aman

cara memutihkan wajah

Cara memutihkan wajah – Kulit adalah aset berharga yang kita miliki. Kulit yang kusam dan tidak bercahaya tentu akan membuat penampilan menjadi kurang segar dan turunnya rasa percaya diri. Inilah kenapa banyak orang yang berusaha ingin mendapatkan kulit putih, cerah dan sehat. Memiliki wajah bersih dan segar membuat penampilan akan menjadi lebih menarik dan semakin percaya diri.

Penyebab Kulit Kusam

Kulit gelap dan kusam bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, kondisi medis, kulit kering, stres, polusi lingkungan, menjalani gaya hidup yang buruk, dan penggunaan produk berbahan kimia yang berkepanjangan. Selain itu faktor genetika dan cara perawatan kulit yang salah juga berdampak besar pada gelapnya kulit seseorang.

 

Jika Anda ingin mencerahkan kulit Anda, belajar merawat kulit Anda dengan benar setiap hari akan menjadikan kulit wajah Anda jadi lebih cerah dan sehat. Bantuan produk pemutih pun juga bisa Anda gunakan untuk memutihkan wajah. Namun jika Anda menginginkan alternatif lain, ada banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan wajah Anda.

Penggunaan bahan alami bisa membantu memutihkan kulit tanpa efek samping daripada yang ada pada beberapa produk pemutih yang berbahan kimia. Selain itu Anda juga dapat menghemat waktu dan uang dengan menggunakan bahan pemutih alami daripada harus ke klinik kecantikan dan membutuhkan biaya yang besar.

1. Cara Memutihkan Wajah Dengan Menggunakan Bahan Alami

1. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya vitamin C dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C ini penting untuk mencerahkan wajah Anda. Selain bisa memutihkan wajah, kandungan antioksidan pada buah jeruk juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Cara memutihkan wajah dengan jeruk sangat mudah, yaitu :

  1. Siapkan 1 buah jeruk yang segar.
  2. Belah jeruk jadi dua bagian.
  3. Gosok atau Oleskan secara merata ke kulit wajah.
  4. Diamkan selama 15-20 menit.
  5. Bilas wajah Anda dengan air bersih.
  6. Keringkan dengan handuk.

Lakukan cara ini secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, harap berhati-hati dalam menggunakan bahan ini karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi kulit.

2. Buah Lemon

Asam sitrat dalam lemon berfungsi sebagai zat pemutih alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan mengelupas lapisan atas sel kulit mati. Berikut cara menggunakan lemon dengan aman:

  1. Peras sari buah lemon dan campurkan dengan air.
  2. Celupkan kapas ke dalam cairan sari buah lemon.
  3. Lalu gosok sari lemon pada wajah Anda.
  4. Diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  5. Bilas wajah Anda sampai bersih.
  6. Oleskan pelembap pada wajah Anda karena sari buah lemon membuat kulit Anda jadi sangat kering.
  7. Ulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Penting: hindari panas terik matahari ketika memakai sari lemon di kulit Anda. Karena dapat menyebabkan reaksi menyakitkan yang disebut fitoplotodermatitis.

3. Kulit Jeruk

Dibandingkan buahnya, ternyata kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C. Setelah makan jeruk, sebaiknya kulitnya disimpan dan dimanfaatkan untuk memutihkan wajah. Kulit jeruk bisa dipakai sebagai masker untuk memutihkan wajah Anda.

Cara alami memutihkan wajah dengan bahan ini adalah:

  1. Jemur kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai kering
  2. Haluskan kulit jeruk dengan ditumbuk sampai halus
  3. Tambahkan air laluaduk sampai menjadi pasta
  4. Oleskan secara merata pada wajah
  5. Tunggu sampai mengering selama 30 menit
  6. Bilas menggunakan air hangat
  7. Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu

4. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan lycopine yang secara efektif mampu menangkal radikal bebas agar kulit wajah menjadi cerah. Selain itu tomat juga bisa digunakan sebagai tabir surya alami untuk menangkal sinar UV penyebab kulit gelap.

Cara memutihkan wajah dengan tomat:

  1. Iris tomat menjadi beberapa bagian.
  2. Usap irisan tomat pada wajah Anda.
  3. Biarkan sari tomat merasap ke kulit selama 15-20 menit.
  4. Bilas dengan air sampai bersih.

Atau bisa juga dengan menghaluskan tomat sampai menjadi bubur. Kemudian usap merata pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Lakukan cara memutihkan wajah secara alami ini rutin selama beberapa minggu dan Anda akan melihat hasilnya.

5. Yogurt

Yogurt merupakan bahan alami yang berasal dari olahan susu. Yogurt mengandung kalsium untuk mencegah kulit kering dan zinc untuk mengatasi masalah kulit wajah. Vitamin B nya bermanfaat untuk menyehatkan wajah. Yogurt juga bermanfaat untuk mengelupas sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih cerah. Berikut cara memutihkan wajah dengan yogurt.

  1. Ambil yogurt tanpa rasa secukupnya
  2. Oles yogurt ke wajah Anda dengan lembut sampai membentuk masker.
  3. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat

Untuk cara lainnya anda bisa menambahkan 1 sendok madu dan perasan lemon pada yogurt. Oleskan ke wajah dan sekitar leher. Biarkan selama 10 menit. Kemudian bersihkan dengan air.

Lakukan cara ini setiap hari selama 4 minggu untuk melihat perubahan pada kulit wajah Anda.

 

6. Madu

Madu membantu untuk memutihkan wajah sekaligus bertindak sebagai pelembab. Kulit kering menyebabkan warna kulit jadi tidak rata. Selain itu madu juga berkhasiat sebagai antibakteri untuk menghilangkan bekas jerawat serta memudarkan bintik penuaan.

Cara memutihkan wajah dengan madu:

  1. Ambil 2 sendok madumurni
  2. Oleskan secara merata ke wajah lalu diamkan selama 15– 20 menit
  3. Kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat
  4. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit Anda jadi lebih cerah dan segar dari sebelumnya.

Untuk membuat masker pemutih kulit, tambahkan satu sendok madu dan jus lemon, satu sendok susu bubuk, dan satu sendok minyak almond. Campur dengan baik lalu oleskan dengan lembut ke kulit. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin.

Baca juga artikel Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cara Cepat Memanjangkan Rambut

7. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang baik untuk kulit, yakni melembapkan, membantu peremajaan kulit, meringankan hiperpigmentasi dan beguna mengembalikan warna asli kulit Anda. Hiperpigmentasi adalah salah satu penyebab warna kulit tidak rata. Efek lain aloe vera atau lidah buaya yakni membantu meregenerasi sel kulit baru dan membangun kembali jaringan yang telah rusak. Penggunaan gel lidah buaya akan membantu meringankan bintik hitam dan menyehatkan keseluruhan kulit Anda. Berikut cara memutihkan wajah dengan lidah buaya.

  1. Potong lapisan terluar daun lidah buaya.
  2. Peras zat yang seperti jelly.
  3. Oleskan gel secukupnya pada kulit wajah Anda.
  4. Biarkan sekitar 30 menit, kemudian bersihkan dengan air.
  5. Lakukan hal ini setidaknya 1 kali sehari selama dua minggu.

8. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin A, E dan C. Pepaya biasa digunakan dalam berbagai perawatan kecantikan termasuk memutihkan kulit wajah Anda. Pepaya dipercaya mengandung khasiat pemutih alami. Antioksidan dalam buah pepaya bermanfaat untuk menutrisi bagian dalam kulit sehingga kulit akan bersinar dan sehat.

Sifat pembersih pada pepaya akan membersihkan kotoran pada kulit yang menyebabkannya jadi gelap. Selain itu Anda juga dapat memperoleh banyak manfaat kesehatan dengan mengonsumsi pepaya.

Untuk cara memutihkan wajah dengan pepaya, yaitu:

  1. Siapkan 1 buah pepaya matang dan kupas kulitnya.
  2. Potong pepaya jadi 2 bagian dan hilangkan bijinya.
  3. Tambahkan air dan haluskan pepaya sampai menjadi bubur.
  4. Gunakan sebagai masker wajah dengan dioles secara lembut.
  5. Biarkan selama 30 menit sampai kering.
  6. Basuh wajah Anda dengan air sampai bersih.

Atau Anda bisa juga mencampurkan pepaya dengan 1 cangkir sari lemon. Oleskan di seluruh wajah dan leher Anda. Diamkan setidaknya selama 30 menit sebelum akhirnya dicuci menggunakan air dingin.

Lakukan cara ini setiap hari. Perawatan ini akan membuat kulit Anda lebih bercahaya dan sehat.

9. Kunyit

Kunyit atau kunir adalah rempah yang dulu sering digunakan untuk pemutih kulit selama ribuan tahun. Rempah ini dipercaya dapat menghambat produksi melanin yang berguna untuk mencegah kulit menjadi gelap. Kunyit ini berfungsi sebagai antiseptik dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Baca Manfaat Jahe

Berikut cara memutihkan wajah dengan kunyit.

  1. Haluskan kunyit sampai menjadi bubuk.
  2. Campur kunyit bubuk dan satu sendok minyak zaitun sampai membentuk pasta.
  3. Oleskan campuran tadi ke wajah Anda dengan gerakan memutar sehingga membantu pengelupasan kulit.
  4. Biarkan pasta di kulit wajah selama 15-20 menit.
  5. Setelah kering, bilas wajah Anda dengan air sampai bersih.

Mungkin wajah Anda akan sedikit kekuningan karena kunyit, ini hal yang normal dan akan segera hilang. Jika dilakukan dengan rutin, kemungkinan akan membantu memutihkan wajah Anda.

10. Kentang

Karena kandungan vitamin C yang cukup banyak, kentang dipercaya dapat membantu memutihkan kulit secara alami. Vitamin C ini sering digunakan sebagai bahan pencerah alami berbagai produk kecantikan untuk memutihkan wajah. Berikut adalah cara memutihkan wajah secara alami dengan Kentang:

  1. Siapkan 1 buah kentang mentah kemudian kupas kulitnya.
  2. Potong kentang agak tipis.
  3. Usapkan semua potongan kentang pada wajah secara bergantian.
  4. Diamkan sari kentang menempel di kulit selama 10 hingga 15 menit.
  5. Bilas wajah dengan air sampai bersih.

11. Mentimun

Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menyehatkan kulit sehingga wajah menjadi segar dan tampak cerah. Mentimun juga bermanfaat untuk menghambat pigmentasi kulit dan bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Mentimun berfungsi mengikat kolagen dan membuat kulit menjadi kencang dan kenyal. Mentimun terasa dingin di kuit, sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah:

  1. Siapkan mentimun ukuran sedang. Iris menjadi beberapa bagian.
  2. Tempelkan irisan mentimun ke seluruh wajah Anda.
  3. Diamkan sari mentimun meresap ke kulit Anda selama 30 menit.
  4. Basuh dengan air sampai bersih.

Alternatif lain, Anda bisa parut mentimun kemudian Anda campurkan dengan 1 sendok madu dan 1 sendok perasan air lemon. Gunakan sebagai masker di sekitar wajah dan leher Anda. Biarkan selama 15 menit sampai mengering lalu bilas dengan air.

Lakukan perawatan ini setiap hari agar mendapatkan hasil cerah maksimal.

 

2. Menggunakan Produk dan Perawatan Yang Aman

Menggunakan produk pemutih yang terbukti secara efektif juga dapat membantu untuk memutihkan wajah Anda.

1. Memakai Cream Pemutih Wajah

Ada banyak sekali krim pemutih di toko-toko kecantikan. Cara kerja Krim ini yaitu mengurangi melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen penyebab kulit gelap. Carilah produk pemutih dengan bahan pencerah yang efektif seperti asam glycolic, asam kojic, asam alpha hydroxy dan vitamin C.

2. Menggunakan Krim Retinoid

Krim ini merupakan asam yang terbentuk dari Vitamin A. Krim retinoid dapat digunakan secara efektif untuk memutihkan wajah. Krim retinoid akan mengelupas kulit luar dan mempercepat pergantian sel. Selain bermanfaat untuk memutihkan, krim ini juga efektif untuk menghaluskan garis-garis keriput dan mengencangkan kulit. Krim ini kemungkinan juga bisa menghilangkan jerawat.

  • Pada awal pemakaian krim retinoid bisa membuat kulit menjadi kering dan kemerahan. Ini akan segera reda setelah kulit sudah terbiasa.
  • Retinoid juga akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi gunakan hanya pada malam hari.
  • Jika tertarik dengan perawatan ini berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu, karena Retinoid hanya tersedia dengan resep dokter.

 

3. Tips Merawat Kulit Setiap hari

1. Membersihkan dan Menggosok Wajah Secara Teratur

Kulit kusam dan gelap terjadi karena penumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit. Untuk memutihkan wajah dan kulit, Anda harus merawatnya dengan baik, dimana kulit harus selalu digosok, dibersihkan, dan dijaga kelembapannya dengan benar.

Bersihkan wajah minimal dua kali sehari, saat di pagi dan malam hari. Untuk menggosok wajah, Anda bisa menggunakan scrub yang berupa gula atau garam. Caranya, basahi dan gosok scrub dengan gerak melingkar ke wajah Anda. Proses ini akan membersihkan wajah Anda dari kotoran, minyak dan sel kulit mati dan menghasilkan wajah yang putih dan sehat.

Untuk kulit badan, Anda bisa menggunakan sikat untuk menyikat tubuh Anda. Carilah sikat yang halus dan sikat tubuh Anda saat mandi. Rutinlah menggosok kulit dua kali seminggu. Ini akan mengelupas sel-sel kulit mati penyebab kulit gelap.

2. Gunakan Tabir Surya

Sengatan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada warna kulit Anda, mulai kulit menjadi kusam sampai kulit terasa terbakar. Anda harus merawat kulit secara benar jika Anda ingin putih, gunakan tabir surya dengan kadar Sun Protection Factor (SPF) yang tinggi.

Saat kulit terkena paparan sinar UVA dan UVB secara langsung, Tubuh secara otomatis menghasilkan melanin yang dapat membuat kulit menjadi lebih gelap.

Untuk menghindari dan mencerahkan kulit wajah Anda, maka gunakanlah tabir surya saat sedang berada di luar ruangan. Atau Anda bisa melindungi wajah Anda dengan memakai topi agar terhindar dari terik matahari dalam jangka waktu yang lama.

3. Batasi Paparan Sinar Matahari

Jangan terkena sinar matahari secara berlebih karena dapat membuat kulit menjadi gelap. Namun Anda jangan juga menghindari sinar matahari sepenuhnya. Anda membutuhkannya untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin D baik untuk kesehatan tulang dan organ tubuh lainnya.

4. Makan dan Minum yang Sehat

Minum air dan makan makanan yang sehat akan merawat dan menutrisi sel-sel kulit wajah Anda dari dalam sehingga akan menjadi cerah dengan cepat.

Saat sel-sel kulit sudah diperbarui, lapisan kulit lama yang gelap akan terkelupas dan lapisan kulit baru akan terlihat. Proses ini akan cepat terjadi jika tubuh Anda tercukupi banyak air. Mulai sekarang usahakanlah untuk minum air putih 8 gelas setiap hari.

Makanan yang sehat dan bergizi tentu akan memasok vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk kulit Anda. Banyaklah mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin A, C, dan E. Anda bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin dari ekstrak buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak dijual di toko.

5. Tidak Merokok

Sudah sangat umum bahwa merokok buruk bagi kesehatan. Selain itu merokok juga dapat merusak kulit. Banyak sekali efek buruk merokok, seperti mempercepat penuaan dini dan keriput. Hal ini karena merokok dapat menghambat aliran darah ke wajah, sehingga menyebabkan wajah akan tampak pucat dan menua.

Baca juga cara mengecilkan perut secara alami

Itulah tadi cara memutihkan wajah dengan cepat yang bisa Anda coba. Sebenarnya cara-cara diatas cukup aman jika dilakukan sesuai petunjuk. Namun apabila kulit menunjukkan reaksi buruk, segera hentikan pemakaian.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak ada ramuan ajaib yang dapat memutihkan kulit Anda hanya dengan hitungan beberapa hari. Jadi jagalah harapan Anda agar tetap realistis dan ingatlah juga bahwa kulit gelap pun juga cantik dan indah. Terimakasih dan Selamat Mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here